TATANG OH TATANG….

Hai-hai…saya pingin cerita nih, habis ketohok banget…

tapi nggak sepenuhnya ketohok sih..,

karena setelah itu, tadinya yang saya pikir saya ketohok, ternyata jadi bahan renungan buat saya

merenung daleeeeemmm banget

jani gini ceritanya…di kantor saya ada office boy, namanya Tatang

kurang lebih beberapa waktu yang lalu, di kantor saya akan ada pemindahan perusahaan outsourcing khusus untuk office boy dari perusahaan tempat Tatang bernaung ke perusahaan baru

bisa ditebak impactnya, semua OB yang satu perusahaan dengan perusahaan tempat tatang bernaung terancam PHK termasuk tatang

karena perusahaan baru pasti udah punya OB sendiri yang siap dipekerjakan

 

Oke, singkat cerita, semua OB dikantor saya saat itu mulai gelisah

bahkan ada isu tanggal, dimana mereka udah nggak boleh lagi masuk kantor, karena per tanggal tersebut mereka resmi di PHK

emang agak nggak jelas sih waktu itu, beritanya masih simpang siur..tapi yang jelas, berita itu sampai ke semua OB termasuk Tatang

Sebelum tanggal dimana mereka di isukan harus angkat kaki dari perusahaan, terlihat para OB sudah mulai tidak bersemangat kerja

saya maklum sih, mereka pasti sedih banget..ngebayangin harus nganggur dirumah, apalagi ada diantara mereka yang memang tulang punggung keluarga

hampir semua OB terlihat sedih dan khawatir, bikin saya waktu itu nggak berani negur mereka..karena nggak enak sendiri dan serba salah

Tapi yah, OB saya tercinta bernama Tatang, nggak kelihatan diwajahnya dia sedih..

muka datarnya tetep datar tanpa ekspresi, pokoknya nggak kelihatan kalo dia lagi terancam PHK lah..

dia kerja seperti biasa, ngeyel seperti biasa, nggak dong kalo disuruh-suruh seperti biasa, cemberut dan sok tau kalo dikasih tau, pokoknya tetep Tatang yang seperti biasa, nggak terlihat rona panik karena bakal nganggur..

 

Karena penasaran dengan ketenangan Tatang yang seperti ketenangan Zidane saat mengkocek bola.., saya tanya si Tatang

Saya : Tang, elo koq nggak keliatan sedih sih?

Tatang : Sedih apaan mbak?

Saya : Ya itu, PHK…Gw lihat muka Anak-anak yang laen pada kelihatan sedih. tapi elo koq kelihatan nyantai banget?

           Gw denger-denger elo punya banyak bebek yah dikampung?itu kali yah yang bikin elo nyantai?

(Iya, Tatang ini gosipnya punya kerbau dan bebek di kampung. dan katanya bebeknya udah tambah banyak dan udah hampir jadi peternakan, dari bebek-bebek itu konon menghasilkan telur bebek, yang hasil penjualan telur bebek buat biaya sekolah adiknya Tatang..Wuiiiihhh…Entrepreneur lah kalo kata buku-buku itu)

Tatang : Nggak koq mbak, bebek saya belum banyak..hasilnya juga cuma cukup buat biaya sekolah adik saya..padahal saya juga harus bantu-bantu orang tua saya yang udah nggak kerja

Saya : Serius Lu?trus, koq elo nggak panik kaya yang lain? (saya makin penasaran)

(Sampai akhirnya jawaban ini ni…kata-kata Tatang ini yang bikin saya kaya tersengat listrik…asli saya ketohok banget…ntar saya ceritain kenapa saya ketohok)

Tatang : Selama saya bersandar sama Allah mbak, bukan sama ******* (Tatang menyebutkan perusahaannya), kayanya saya nggak perlu takut nggak kebagian rezeki deh mbak..Allah udah ngatur semuanya. Cicak aja nggak bisa terbang bisa makan nyamuk yang terbang. nyamuk yang ngedatengin cicak kan mbak?..jadi yah ngapain saya bawa stress, wong kalo Allah bilang terjadi yah terjadi..yang pentingkan saya nggak putus usaha..

 

BYUUUURRRR….Kaya bener-bener kesirem air saya dibuatnya, asli ketohok banget…

Tatang yang kalo saya suruh-suruh sering nggak dong dan salah, Tatang yang suka diledekin sama temen-temennya sesama OB karena keculunan dan kenggak nyambungannya kalo diajak ngomong, Tatang yang orang-orang anggep culun dan nggak nyambung

Bo’….ternyata dia…dia…dia punya pemahaman keimanan yang luar biasa, jauh diatas saya. Iya, saya..saya beberapa bulan lalu lagi gusar pingin pindah kerja karena menganggap kerjaan saya sekarang (kerjaan lho yah, bukan perusahaannya) nggak saya rasakan “soulnya”, udah rencana pingin resign kerja dari kapan tau tapi selalu terhalang karena jujur, saya takut nganggur, saya takut kalo harus kembali jadi beban untuk bapak saya, saya takut banget.., kalo untuk nyari kerja sambil tetep kerja saya takut nggak fokus, takut terbagi..agak sok idealis sih, yang cuma terkesan bodoh, tapi ya itulah saya….

Sampai akhirnya kata-kata Tatang ini menyadarkan saya sesuatu…saya harus menyandarkan segala sesuatu dalam hidup saya pada Allah, bukan bos, bukan pacar, bukan juga perusahaan tempat saya bekerja..hanya pada Allah, maka hidup saya akan tenang…dan saya nggak nyangka Tatang bisa berfilosofi keren kaya gitu..Cicak dan Nyamuk…sumpah!!, saya nggak tau sebelumnya kalo cicak makan nyamuk, dulu saya kira cicak makanannya semut

 

Oh yah bukan cuma itu saya belajar sesuatu dari Tatang, satu hal lagi saya belajar dari dia..

kalo ternyata kalo diurut-urut sifat baik manusia..jujur itu setingkat diatas pintar

nggak ngerti?gini yah…si Tatang itu termasuk OB yang nggak pinter-pinter banget, biasa ajalah..

sedangkan dikantor saya ini banyak OB lain yang pinter-pinter, yang kalo di kasih tau sesuatu atau disuruh sesuatu langsung ngerti nggak usah dikasih tau atau dijelasin sesuatu 

beda sama Tatang, anda harus pelan-pelan ngasih tau dia, anda juga harus berulang-ulang ngasih tau dia karena dia sering sekali salah

tapi dibalik kekurangan dia itu, Tatang orangnya jujur…seapes-apesnya saat berbuat kesalahan, dia selalu jujur…

Tidur di mushola sampai saya cari kemana-mana, kalo ditanya tetep jawab jujur kalo dia tidur di mushola, dia nggak takut dimarahin..

pokoknya orangnya jujur banget lah..lupa saya dia pernah jujur apa aja sama saya, pokoknya orang-orang di kantor saya juga mengakui kalo dia itu orangnya jujur

Dan jujur, saya lebih merasa nyaman lho punya OB jujur walau punya banyak kekurangan dibandingkan dengan OB pinter tapi nggak bisa dipercaya

jadi yah…ini pelajaran kedua, kalo anda nggak pinter-pinter banget, anda harus jujur

jangan coba-coba, udah nggak pinter trus anda nggak jujur lagi…udah deh, berarti nggak ada yang bisa diarepin dari anda kalo kaya gini

 

Saya jadi mikir, Rasulullah itu kan terkenal dengan julukan AL-AMIN (yang dapat dipercaya)

padahal banyak kisah bercerita kalo Rasulullah itu juga selain dapat dipercaya (baca: jujur) beliau juga Pintar

tapi kenapa yah beliau lebih di kenal dengan AL-AMIN?

hipotesa saya sih, mungkin karena banyak orang pintar, tapi sedikit yang jujur di dunia ini..makanya beliau dapet julukan ini…karena dari buku-buku yang saya baca, subhanallah kejujuran beliau memang luar biasa…harusnya ini nih yang dicontoh sama umatnya..kalo nabinya aja julukannya AL-AMIN, diharapkan umatnya juga bisa meniru kejujurannya..

tapi dari sini aja udah bisa ditarik kesimpulan, kalo memang benar, ternyata JUJUR itu setingkat diatas PINTAR…terbuktikan?

 

Oh ya, balik lagi ke Tatang, setelah kepanikan-kapanikan yang di rasakan para OB gara-gara isu di PHK

ternyata mereka nggak jadi di PHK, mereka tetap dipekerjakan diperusahaan walaupun pindah ke perusahaan outsourcing lain

terimakasih ya Allah, Tatang nggak jadi nganggur…

 

 

This entry was posted in About Anything, About My Work, About the other. Bookmark the permalink.

4 Responses to TATANG OH TATANG….

  1. yoyok says:

    itu namanya belajar dari “suara akar rumput”.ya si Tatang…

  2. Quinta says:

    Inget2 lagu Cicak-cicak di dinding donk buk🙂

  3. metaluv says:

    Quinta: lho, kalo di lagu cicak-cicak di dinding itu si cicak cuma nangkep nyamuk lho ping, nggak di ceritain kan kalo dia makan nyamuk?
    “…..datang seekor nyamuk…Hap..lalu ditangkap…” iya kan?…weeekkk…:-p

  4. metaluv says:

    mas Yoyok : Setuju mas!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s